UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE MARKETING MIX DI PT.MEGA FINANCE YOGYAKARTA

Isi Artikel Utama

Nina Noviastuti
Neneng Nurhayati

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi pandemi Covid-19, dimana banyak perusahaan melakukan adaptasi supaya bisa bertahan dalam kondisi seperti saat ini terutama perusahaan pembiayaan (leasing), mengakibatkan munculnya persaingan yang ketat sehingga setiap perusahaan menggunakan strategi penjualannya masing-masing untuk menarik calon konsumen agar menggunakan jasa yang dilayaninya. Salah satu strategi yang digunakan yakni strategi marketing mix, yang meliputi penentuan produk (product), harga (price), promosi (promotion), lokasi (place), manusia (people), proses (process) dan lingkungan fisik (physical evidence). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui marketing mix dan strategi marketing dalam meningkatkan penjualan di PT. Mega Finance Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, lokasi penelitiannya di PT. Mega Finance, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan pustaka.Hasil dari penelitian ini adalah PT. Mega Finance menggunakan strategi marketing mix 4P untuk meningkatkan penjualan, yang meliputi produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan manusia (people). Namun, varibel marketing mix yang paling dominan yaitu dimensi promotion dan price karena promosi dan harga merupakan faktor utama yang menarik calon konsumen. Dimensi promotion yang dilakukan adalah direct marketing (pemasaran langsung) dan indirect marketing (pemasaran tidak langsung) tetapi yang berpengaruh terhadap penjualan yaitu indirect marketing (pemasaran tidak langsung).

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Noviastuti, N., & Nurhayati, N. (2022). UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE MARKETING MIX DI PT.MEGA FINANCE YOGYAKARTA. JURNAL NUSANTARA, 5(1), 30–37. Diambil dari https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/43
Bagian
Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama