PERAN RESERVASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP TAMU DI HOTEL NOVOTEL LAMPUNG

PERAN RESERVASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP TAMU DI HOTEL NOVOTEL LAMPUNG

Authors

  • NINA NOVIASTUTI AKADEMI PARIWISATA DHARMA NUSANTARA SAKTI YOGYAKARTA
  • Desy Agustina Cahyadi AKADEMI PARIWISATA DHARMA NUSANTARA SAKTI YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.63986/nsn.v3i1.17

Keywords:

Reservasi, Kantor Depan, Datang kembali

Abstract

Peranan seorang reservasi disebuah hotel untuk memberikan pelayanan kepada tamu agar tamu mendapatkan segala sesuatu yang dijanjikan oleh pihak hotel dan mewujudkan tujuan sebuah hotel bahwa tamu tersebut dapat datang kembali. Penelitian ini disajikan secara deskriptif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan pemberian pelayanan kepada tamu hotel. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa seorang reservasi mempunyai peranan yang cukup besar dalam memberikan pelayanan kepada tamu, karena departemen kantor depan yang mempunyai kontak langsung dan akan memberikan kesan pertama dan terakhir kepada tamu yang datang. Seorang reservasi harus mampu memberikan pelayanan yang baik kepada tamu, sehingga hotel tidak pernah sepi dan membuat banyak tamu hotel yang merupakan langganan yang sudah bertahun-tahun dapat datang kembali ke hotel.

Downloads

Published

25-02-2020

How to Cite

NOVIASTUTI, N., & Agustina Cahyadi, D. . (2020). PERAN RESERVASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP TAMU DI HOTEL NOVOTEL LAMPUNG . JURNAL NUSANTARA, 3(1), 31–37. https://doi.org/10.63986/nsn.v3i1.17
Loading...