JURNAL NUSANTARA https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara <p>Jurnal NUSANTARA terbit 2 kali dalam setahun pada edisi Februari dan Agustus. Jurnal ini<br />memuat karya-karya ilmiah yang baru, berupa hasil penelitian, Telaah kajian pustaka, makalah,<br />maupun materi yang sedang populer dalam bidang pariwsata dan perhotelan.</p> en-US Mon, 30 Sep 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Tugas Bartender Selama Operasional Di Eboni Bar And Lounge Hotel Tentrem Yogyakarta https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/87 <p>Bartender memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan operasional sebuah bar, termasuk memberikan pelayanan yang optimal kepada tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tugas-tugas bartender selama operasional di Eboni Bar and Lounge, Hotel tentrem Yogyakarta serta bagaimana tugas tersebut berkontribusi terhadap kepuasan tamu. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif-deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dengan bartender, dan tinjauan dokumen operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas bartender meliputi persiapan bahan dan peralatan sebelum jam operasional, pembuatan minuman sesuai standar resep, interaksi dengan tamu untuk memahami kebutuhan mereka, serta menjaga kebersihan dan kerapian area kerja. Selain itu, kemampuan komunikasi, kecepatan, dan keterampilan teknis bartender menjadi faktor utama yang memengaruhi pengalaman tamu.</p> Anton Triyantoro, Suradi, Akh Fajar Rahman, Cyintia Masdya Arista Copyright (c) 2024 JURNAL NUSANTARA https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/87 Mon, 30 Sep 2024 00:00:00 +0000 Upaya Meningkatkan Profesionalisme Waiter Dan Waitress Dalam Mencapai Keberhasilan Operasional Food And Beverage Service Dan Kepuasan Pelanggan Di Restaurant Mawar Saron Grand Puri Saron Boutique Hotel Yogyakarta https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/88 <p>Menjadi seorang yang profesional bukanlah hal yang mudah dalam dunia kerja. Persaingan yang ketat menjadikan karyawan untuk dituntut memiliki sikap profesionalisme. Dengan menjadikan sikap integritas maka akan meningkatkan kualitas diri dan memperoleh banyak pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan waiter dan waitress, kepuasan pelanggan, dan upaya meningkatkan profesionalisme waiter dan waitress dalam menunjang keberhasilan operasional food and beverage service di Mawar Saron Grand Puri Saron Boutique Hotel Yogyakarta. Adapun metode analisa data penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, metode observasi dan pengamatan, dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa peranan waiter dan waitress sangat penting dalam menjaga kepuasan pelanggan. Meningkatkan profesionalisme waiter dan waitress sangatlah penting untuk keberhasilan operasional food and beverage service, karena profesionalisme waiter dan waitress sangat memiliki pengaruh kuat terhadap kepuasan tamu dan kualitas pelayanan. Namun demikian, di tengah marak dan ketatnya persaingan industri perhotelan khususnya di kota Yogyakarta ini, manajemen perlu melakukan evaluasi menyeluruh dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan secara konsisten dan berkesinambungan.</p> I Ketut Suardana, Sendri Suriansyah Copyright (c) 2025 https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/88 Mon, 30 Sep 2024 00:00:00 +0000 Strategi Food Product Dalam Proses Rebranding Hotel Di Grand Diamond Hotel Yogyakarta https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/89 <p>Food Product adalah section yang penting, dalam industri perhotelan karena yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan tamu restaurant, room service,buffe dan Ala C’arte. Namum mengingat perkembangan yang terjadi saat ini dan tren, perubahan atau inovasi pada sajian menu perlu diakukan agar tidak monoton, yang bisa di sebut dengan rebranding produk. Grand Diamond Hotel Yogyakarta melakukan rebranding bertujuan untuk menambah variasi menu, agar tamu yang menginap dalam jangka waktu lama tidak bosan melihat makanan yang serupa setiap hari. Food Product section memiliki peran penting dalam proses rebranding Karena, food Product harus mampu menciptakan makanan yang memiliki cita rasa unik dan memiliki makna tersendiri di dalam suatu hidangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian yang diperoleh. 1)Faktor yang mempengaruhi keberhasilan strategi food product dalam proses rebranding. a) Memiliki tim kitchen yang mempunyai loyalitas dan tanggung jawab yang tinggi, melakukan pemorsian setiap menu agar pada saat ada yang memesan tinggal mengambil semua kebutuhan kondiment yang di butuhkan. b) Selalu melakukan breafing dan evaluasi agar job description yang di berikan dapat berjalan baik dan mengetahui apa yang perlu di perbaiki. 2) Strategi yang digunakan food product dalam mencapai tujuan rebranding dengan melakukan Campaign di media sosial mengiklankan produk yang di ciptakan agar jangkauan lebih luas, banyak mengeluarkan promosi misal: buy two get one free atau discount 50 persen, melakukan promosi dengan konsisten dan menarik atau dapat mendatangkan influencer untuk mereview makanan yang ada dan memberikan reating untuk setiap makanan,yang bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pengunjung atau tamu yang menginap dan sebagai media promosi yang dapat di bilang efektif.</p> Aditya Yuwana Nawing, Robertus Amrih Waskitho Copyright (c) 2025 https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/89 Mon, 30 Sep 2024 00:00:00 +0000 Sistem Penanganan Kualitas Section Cold Kitchen Dalammemperlancar Operasional Breakfast Di Hotel Harris Convention Festival Citylink Bandung https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/90 <p>Food and beverage cold kitchen merupakan section yang bertanggung jawab untuk menyajikan hidangan dingin seperti, salad, juice, sushi, dressing, jamu, buah. Peranan dan fungsi yang cukup penting dalam sebuah dapur profesional, terutama di restoran atau hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tugas dan tanggung jawab Section Cold Kitchen dalam menangani sarapan di Hotel Harris Convrtion Festival Citylink Bandung serta strategi yang mereka terapkan untuk menjaga kualitas hidangan breakfast agar tidak menimbulkan keluhan dari tamu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Section Cold Kitchen memiliki peran penting dalam menyediakan hidangan dingin yang berkualitas dan menarik secara artistik untuk sarapan, serta berkolaborasi dengan departemen lain untuk memastikan koordinasi yang baik dalam penyajian makanan kepada pelanggan. Langkah-langkah yang di ambil untuk menjaga kualitas breakfast termasuk pemilihan bahan baku berkualitas tinggi, penanganan dan penyimpanan yang tepat, menjaga kebersihan dan higienitas, persiapan dan penyajian yang teliti, pengawasan dan control kualitas, pelatihan dan pengembangan staff, serta menjaga komunikasi dan koordinasi yang efektif. Menu hidangan Cold kitchen dalam penyajian breakfast meliputi berbagai pilihan seperti Salad bar, Buah-buahan segar, Cold cuts and Cheeses, Yogurt and Dairy Products, serta Cereals, termasuk juga berbagai minuman segar dan tradisional. Dengan menerapkan Langkah-langkah tersebut, Section Cold kitchen dapat menjaga kualitas breakfast yang disajikan dan meminimalkan kemungkinan terjadinya keluhan dari tamu, yang berperan penting dalam pengalaman menginap di hotel tersebut.</p> Neneng Nurhayati, Alif Fatahillah Chaliq Copyright (c) 2025 https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/90 Mon, 30 Sep 2024 00:00:00 +0000 Peran Account Payable Dalam Menunjang Kelancaran Operasional Di Hotel Harper Malioboro Yogyakarta https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/91 <p>Perkembangan pariwisata sangat erat di Yogyakarta khususnya dibidang perhotelan. Maka dari itu banyak hotel-hotel yang berasaing untuk memikat para wisatawan agar menginap di hotel tersebut. Kelancaran operasional tentunya membutuhkan peran Finance Department dalam kegiatan operasionalnya. Dalam melakukan pekerjaannya, Finance Department tentunya membutuhkan Section Account Payable. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja peran Account Payable dalam menunjang kelancaran operasional di Hotel Harper Malioboro Yogyakarta. Seorang Account payable tentunya harus menguasai materi tentang pembayaran hutang kepada pihak supplier tentunya dengan ketentuan yang berlaku, tidak hanya itu seorang account payable juga harus menjalin kerja sama dengan department lainnya untuk keberlangsungan dan kelancaran operasional. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan literasi. Maka hasil dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa peran seorang Account Payable sangat penting dalam keberlangsungan dan kelancaran operasional di Hotel Harper Malioboro.</p> Wahyu Indro Widodo, Eulis Ekandini Yuasiah Copyright (c) 2025 https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/91 Mon, 30 Sep 2024 00:00:00 +0000 Analisis Operasional Hotel Pada Food and Beverage Departement Section Kitchen di Paprika Restaurant The Phoenix Hotel Yogyakarta https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/92 <p>Dalam menjalankan operasional hotel diharuskan setiap personel memiliki pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skil) yang baik dan profesional, karena berbagai layanan hotel diketahui merupakan pekerjaan yang tergolong rumit sehingga menuntut adanya berbagai keterampilan operasional seperti mengelola penyediaan layanan makanan, minuman, dan akomodasi serta memastikan standar kualitas layanan sesuai dengan harapan tamu. Tujuan dari penelitian ini berusaha untuk menemukan solusi dari permasalahan terkait faktor penyebab dan dampak dari kegegalan operaional kitchen utensil di Paprika Restaurant The Phoenix Hotel Yogyakarta. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kitchen utensil di Paprika Restaurant The Phoenix Hotel Yogyakarta sudah berjalan sesuai dengan prosedur, namun demikian masih terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab kesalahan operasional kitchen utensil maupun kitchen equipment, antara lain disebabkan oleh faktor sumber daya manusia dan kondisi peralatan (kitchen equipment) yang ada. Sebagai solusi dari temuan tersebut direkomendasikan tindak lanjut bagi perbaikan kinerja operasional di Paprika Restaurant The Phoenix Hotel Yogyakarta yaitu melakukuan rekrutment staf secara profesional, meningkatkan program pelatihan (training), dan meningkatkan perawatan dan melakukan pengadaan peralatan (kitchen equipment) untuk menjamin efektifitas dan efisiensi operasional hotel terutama pada section kitchen.</p> Sulistiono, Sawung Gumawang Sinastriyo Copyright (c) 2025 https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/92 Mon, 30 Sep 2024 00:00:00 +0000