STRATEGI EFISIENSI BUTLER DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU DI VILLA DUKUH TABANAN BALI

Main Article Content

I KETUT SUDARDANA
Aditya Yuwana Nawing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tugas dan pekerjaan Butler dalam memberikan kepuasan terhadap tamu di Villa Dukuh dan tanggapan tamu atas kualitas pelayanan Butler di Villa Dukuh. Metode penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tamu merasa puas dan kualitas pelayanana jasa di Villa Dukuh dalam kategori sangat baik. Hal ini tampak dari comment yang sangat baik dari tamu tentang Villa Dukuh, dimana pelayanan yang diberikan juga bentuk perhatian, pemberian informasi yang jelas dengan penuh keramahan. Kualitas yang dirasakan oleh tamu memberikan dampak pada keinginan tamu untuk mengunjungi kembali bahkan merekomendasikan kepada orang lain, serta dengan adanya kualitas yang baik dalam pemberian pelayanan jasa yang menumbuhkan kepuasan bagi tamu. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa kualitas pelayanan Butler berperan penting pada kepuasan tamu. Villa Dukuh diharapkan dapat mempertahankan kualitas sumber daya manusia dengan tujuan menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan di Villa Dukuh. Karena kualitas pelayanan jasa menjadi salah satu faktor untuk menciptakan loyalitas.

Article Details

How to Cite
SUDARDANA, I. K., & Yuwana Nawing, A. (2022). STRATEGI EFISIENSI BUTLER DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU DI VILLA DUKUH TABANAN BALI. JURNAL NUSANTARA, 5(1), 38–44. Retrieved from https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/42
Section
Articles