Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Bus Pariwisata (Studi Kasus Di Djogja Transport)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan sebagai variabel independen terhadap kepuasan pelanggan sebagai variabel dependen dan dimensi variabel independen mana yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kuantitatif pengambilan sampel sebanyak 30 responden dengan rundom sampling (secara acak), instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan sekala likert. Data tersebut di uji validitas dan reabilitas serta dengan tehnik analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen terhadap variabel dependen yakni kepusan pelanggan. Berdasarkan pengujian parsial variabel Tangible memiliki nilai tertinggi sebesar 18,511 sedangkan variabel lainnya yaitu variabel responsivenes sebesar 2,373 dengan demikian ke 5 variabel independen yakni kualitas pelaynan dinyatakan signifikan. Berdasarkan uji determinasi R square sebesar 0,986 ini berarti ke 5 variabel independen kualitas pelayanan berpengaruh terhadap variabel dependen yakni kepuasan pelanggan sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.