Pengaruh Daya Tarik Wisata Malioboro Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Nusantara

Main Article Content

Sri Larasati
Risna Fristica Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat kunjungan wisatawan nusantara ke Malioboro melalui daya tarik wisata yang ada. Adakah pengaruh daya tarik wisata terhadap minat kunjungan wisatawan nusantara dan variabel mana yang paling berpengaruh terhadap minat kunjungan wisatawan nusantara ke Malioboro. Metode penelitian ini menggunakan uji kuantitatif. Pengambilan data yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan nusantara yang berkunjung ke Malioboro. Sedangkan jumlah sample  berjumlah 100 orang Uji yang digunakan dalam uji kelayakan instrumen, uji kelayakan variabel, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan nilai persamaan regresi linier berganda terdapat pengaruh yang signifikan antara daya tarik wisata terhadap minat kunjungan wisatawan nusantara ke Malioboro, dari hasil uji F juha diperoleh F test 35.583 > F tabel (2.70) dan P Value sebesar 0.000 yang berarti F hitung > F tabel. Hal ini berarti variabel idependent secara bersama-sama mempunyai hubungan dengan variabel dependent artinya variabel Atraksi (X1), Aksesibilitas X2) dan Aminitas X3) secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap minat kunjungan wisatawan nusantara ke Malioboro. Dengan demikian HO1 ditolak. Dan hasil uji t diperoleh nilai t hitung untuk variabel atraksi (X1) sebesar 5.565, maka dapat disipulkan bahwa variabel atraksi (X1) berpengaruh dominan terhadap minat kunjungan wisatawan nusantara ke Malioboro. Nilai koefien determinant (R2 sebesar 51.2 % sedangkan sisanya 48.8 % dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya diluar model penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Sri Larasati, & Risna Fristica Dewi. (2024). Pengaruh Daya Tarik Wisata Malioboro Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Nusantara. JURNAL NUSANTARA, 6(2), 47–51. Retrieved from https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/73
Section
Articles