UPAYA ROOM SERVICE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN SAAT PANDEMI COVID-19 DI GRAND PURI SARON BOUTIQUE HOTEL YOGYAKARTA

Main Article Content

I KETUT SUDARDANA
ANGGA DANU ADJIANANDA

Abstract


Upaya Room Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Saat Pandemi Covid-19 Di Grand Puri Saron Boutique Hotel Yogyakarta”. Program Pendidikan Diploma III Perhotelan Akademi Pariwisata Dharma Nusantara Sakti Yogyakarta Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui SOP (Standar Operasional Prosedur), kendala, dan upaya room service dalam meningkatkan pelayanan saat pandemi covid-19 di Grand Puri Saron Boutique Hotel Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dimana menjelaskan gambaran mengenai situasi dan kejadian yang telah diamati. Sedangkan, untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi yaitu cara observasi, dokumentasi, wawancara, dan kajian pustaka. Selanjutnya dari metode tersebut dianalisis dan disimpulkan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Hasil dari pembahasan menjelaskan bahwa pada saat pandemi covid-19 room service di Grand Puri Saron Boutique Hotel Yogyakarta mempunyai SOP meliputi prosedur penerimaan pesanan, set-up tray dan cutlery, pengiriman pesanan, clear-up, mempresentasikan bill, serta kelengkapan, kerapian dan kebersihan waiter/waitress. Roomservice juga mempunyai kendala yaitu meliputi pengurangan SDM serta jam kerja, penurunan jumlah tamu, dan pembatasan bahan baku. Room service juga memiliki upaya yaitu pengoptimalan trainee, penerapan room service untuk breakfat, courtesy call, promo, penerapan kebersihan alat, area, dan penerapan protokol covid-19. Dari hasil penelitian, untuk meningkatkan pelayanan room service saat pandemi covid-19 ialah harus mengetahui SOP yang ditetapkan. Serta mengetahui kendala yang dihadapi sehingga room service bisa menyusun upaya yang tepat untuk meningkatkan pelayanan


 

Article Details

How to Cite
SUDARDANA, I. K., & DANU ADJIANANDA, A. (2021). UPAYA ROOM SERVICE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN SAAT PANDEMI COVID-19 DI GRAND PURI SARON BOUTIQUE HOTEL YOGYAKARTA . JURNAL NUSANTARA, 4(2), 14–32. Retrieved from https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/34
Section
Articles