ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI WARUNG KOPI INGKAR JANJI KULONPROGO YOGYAKARTA

Main Article Content

I Ketut Suardana
Hanifah Helmi Nurjanah

Abstract

Tingkat persaingan dalam dunia bisnis menuntut setiap pemasaran untuk mampu melaksanakan kegiatan pemasaran dengan lebih efektif dan efisien. Kegiatan pemasaran tersebut membutuhkan sebuah konsep pemasaran yang mendasar sesuai dengan kepentingan pemasar dan kebutuhan serta keinginan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan Warung Kopi Ingkar Janji dalam meningkatkan omset penjualan pada saat masa pandemi Covid-19. Teori yang digunakan yaitu strategi pemasaran yang terdiri dari segmentasi, targeting, positioning, dan differentiation. Untuk teori promosi terdiri dari penjualan pribadi, periklanan, publikasi, hubungan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran menerapkan empat komponen dalam teori strategi pemasaran, dan penerapan yang digunakan sudah efektif untuk meningkatkan penjualan di Kopi Ingkar Janji salah satunya dengan adanya fasilitas tambahan safari dengan mobil VW sehingga meningkatkan minat pelanggan untuk berkunjung. Dalam penerapan promosi telah menerapakan empat cara dalam teori promosi, dan penerapan cara promosi di Kopi Ingkar Janji sudah optimal dengan melakukan promosi melalui media sosial seperti instagram dan facebook, iklan berbayar, maupun secara langsung ditempat.

Article Details

How to Cite
I Ketut Suardana, & Hanifah Helmi Nurjanah. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI WARUNG KOPI INGKAR JANJI KULONPROGO YOGYAKARTA. JURNAL NUSANTARA, 5(2), 13–21. Retrieved from https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/25
Section
Articles