USAHA FOOD AND BEVERAGE PRODUCT DALAM MENINGKATKAN REVENUE DI GRAND PURI SARON BOUTIQUE HOTEL YOGYAKARTA
Main Article Content
Abstract
Food and beverage dapat mengembangkan produk makanan dan minuman lebih menarik dan selalu dibuatkan menu pembaharuan agar mendorong minat tamu yang menginap maupun yang tidak menginap tertarik akan membeli produk yang dibuat oleh food and beverage. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui usaha food and beverage dalam meningkatkan tingkat revenue di Grand Puri Saron Boutique Hotel Yogyakarta. Untuk mendapatkan data yang relevan dalam penelitian di Grand Puri Saron Boutique Hotel penulis menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi dan metode analisa data deskriptif analitik. Food and beverage product dalam meningkatkan revenue di Grand Puri Saron Boutique Hotel Yogyakarta dengan cara mengganti menu lama menjadi menu baru, mendirikan stand menu tradisional, mengadakan menu spesial dengan harga spesial dan mengadakan menu promosi. Naiknya revenue dapat dilihat pada bulan Maret, April dan Juni dikarenakan adanya acara hari besar keagamaan, cuti bersama dan liburan sekolah. Menurunnya penjualan pada bulan Mei dan Juli karena memasuki bulan puasa dan liburan telah usai sehingga mengalami penurunan revenue dari bulan lainnya.