Analisis Operasional Hotel Pada Food and Beverage Departement Section Kitchen di Paprika Restaurant The Phoenix Hotel Yogyakarta

Main Article Content

Sulistiono
Sawung Gumawang Sinastriyo

Abstract

Dalam menjalankan operasional hotel diharuskan setiap personel memiliki pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skil) yang baik dan profesional, karena berbagai layanan hotel diketahui merupakan pekerjaan yang tergolong rumit sehingga menuntut adanya berbagai keterampilan operasional seperti mengelola penyediaan layanan makanan, minuman, dan akomodasi serta memastikan standar kualitas layanan sesuai dengan harapan tamu. Tujuan dari penelitian ini berusaha untuk menemukan solusi dari permasalahan terkait faktor penyebab dan dampak dari kegegalan operaional kitchen utensil di Paprika Restaurant The Phoenix Hotel Yogyakarta. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kitchen utensil di Paprika Restaurant The Phoenix Hotel Yogyakarta sudah berjalan sesuai dengan prosedur, namun demikian masih terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab kesalahan operasional kitchen utensil maupun kitchen equipment, antara lain disebabkan oleh faktor sumber daya manusia dan kondisi peralatan (kitchen equipment) yang ada. Sebagai solusi dari temuan tersebut direkomendasikan tindak lanjut bagi perbaikan kinerja operasional di Paprika Restaurant The Phoenix Hotel Yogyakarta yaitu melakukuan rekrutment staf secara profesional, meningkatkan program pelatihan (training), dan meningkatkan perawatan dan melakukan pengadaan peralatan (kitchen equipment) untuk menjamin efektifitas dan efisiensi operasional hotel terutama pada section kitchen.

Article Details

How to Cite
Sulistiono, & Sawung Gumawang Sinastriyo. (2024). Analisis Operasional Hotel Pada Food and Beverage Departement Section Kitchen di Paprika Restaurant The Phoenix Hotel Yogyakarta. JURNAL NUSANTARA, 7(2), 75–81. Retrieved from https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/92
Section
Articles