Analisis Sikap Konsumen Hotel Harper Malioboro Yogyakarta Menggunakan Model Tiga Serangkai Keterpercayaan
Main Article Content
Abstract
Otoritas (Authority) adalah konsep penting dalam dunia pemasaran. Hal ini didasarkan pada kecenderungan individu untuk mematuhi tokoh atau entitas yang tampak memiliki kekuasaan, keahlian, atau otoritas. Kejujuran (Honesty) merupakan landasan penting untuk menciptakan dan memelihara hubungan yang langgeng dengan siapa pun, termasuk pelanggan. Kesukaan (likeability) memiliki aspek alami dan nyata dari sifat disukai yaitu kemampuan untuk menciptakan aura yang mengesankan. Sikap keterpercayaan terhadap suatu jasa sangat penting karena memiliki dampak yang signifikan pada hubungan antara penyedia jasa dan pelanggan. Keterpercayaan adalah elemen kunci dalam membangun dan memelihara hubungan yang positif antara kedua belah pihak. Dengan menyadari dan memahami sikap keterpercayaan pelanggan terhadap suatu jasa dapat membantu penyedia jasa untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki, membangun hubungan yang lebih kuat, dan memastikan keberlanjutan bisnis mereka. Otoritas, Kejujuran dan Kesukaan memiliki peran yang sama-sama penting dan mempengaruhi suatu keputusan. Hal yang harus dilakukan adalah dengan mempertahankan sikap positif pelanggan sesuai dengan ketiga hal tersebut. Mempertahankan pelanggan setia merupakan langkah kritis untuk kesuksesan jangka panjang suatu bisnis. Pelanggan setia cenderung memberikan kontribusi lebih besar terhadap pendapatan, mempromosikan bisnis kepada orang lain, dan memberikan dukungan stabil.