Analisis Perilaku Konsumen Menggunakan Model TRA, TPB, SCT dan IMBP Di Hotel Harper Malioboro Yogyakarta

Main Article Content

Sulistiono
Ajeng Kesuma

Abstract

Theory of Reasoned Action (TRA) di Hotel Harper Malioboro dapat diaplikasikan untuk memahami mengapa orang memilih atau tidak memilih untuk menginap yang dapat dianalisis dalam dua faktor utama yaitu Sikap (Attitude) dan Norma Subjektif (Subjective Norms). Di Hotel Harper Malioboro Theory Of Planned Behavior (TPB) diterapkan pada bagian Sales Marketing dengan melakukan telemarketing & sales visit secara rutin ke pelanggan. Tim Sales akan gencar melakukan persuasi dengan memberikan penawaran-penawaran yang menarik. Penerapan Social Cognitive Theory (SCT) di Hotel Harper Malioboro untuk memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana pengalaman dan interaksi sosial mempengaruhi keputusan konsumen untuk memilih hotel tertentu. Di Hotel Harper Malioboro, manajemen gencar untuk meningkatkan ulasan positif secara online untuk mendukung keputusan konsumen dalam memilih hotel. Hal lain yang di lakukan adalah rutin bekerja sama dengan influencer atau selebriti dan melakukan kolaborasi promosi yang dapat mempengaruhi pemikiran konsumen tentang Hotel Harper. Penerapan Integrated Model Of Behavioral Prediction (IMBP) di Hotel Harper Malioboro dilakukan dengan memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik kepada pelanggan sehingga dapat menciptakan kesan atau review positif. Hotel Harper terus memastikan untuk memberikan layanan yang memenuhi atau bahkan melampaui harapan pelanggan, mendengarkan umpan balik pelanggan, menanggapi ulasan, dan memperbaiki masalah/komplain pelanggan adalah langkah-langkah yang penting untuk memastikan bahwa ulasan dari mulut ke telinga tetap positif untuk mendukung pertumbuhan bisnis hotel.

Article Details

How to Cite
Sulistiono, & Ajeng Kesuma. (2023). Analisis Perilaku Konsumen Menggunakan Model TRA, TPB, SCT dan IMBP Di Hotel Harper Malioboro Yogyakarta. JURNAL NUSANTARA, 6(2), 1–10. Retrieved from https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/68
Section
Articles