PENERAPAN STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE OLEH ROOM ATTENDANT DALAM MENJAGA HYGIENE DAN SANITASI KAMAR DI HOTEL INDAH PALACE YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Standard Operational Procedure dalam menjaga hygiene dan sanitasi kamar di Hotel Indah Palace Yogyakarta. Housekeeping merupakan salah satu departmen dalam hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapian, dan kenyamanan kamar maupun seluruh area hotel. Kamar yang bersih, nyaman, dan rapi merupakan salah satu indikator penting dalam meningkatkan jumlah huniaan kamar dan pendapatan hotel. Begitu pula dengan Hotel Indah Palace Yogyakarta, terutama di masa pandemi dimana tingkat hunian hotel cenderung menurun. Kebersihan kamar merupakan faktor penting bagi hotel ini untuk meyakinkan tamu bahwa Hotel Indah Palace Yogyakarta telah melakukan upaya-upaya terkait hygiene dan sanitasi kamar sehingga tamu tidak perlu khawatir tertular penyakit Covid-19 jika menginap di hotel ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengambilan data observasi dan wawancara, Secara khusus, observasi (pengamatan) dilakukan terhadap room attendant terkait penerapan standard operational procedure hygiene dan sanitasi. Sedangkan wawancara dilakukan pada Housekeeping Supervisor dan Room Attendant dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait pengoptimalan penerapan hygiene dan sanitasi di Hotel Indah Palace Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan standard operational procedure hygiene dan sanitasi kamar oleh room attendant masih kurang baik, yang disebabkan karena minimnya jumlah ketersediaan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembersihan kamar serta kurangnya kemampuan dan pengetahuan room attendant dalam menjalankan tugasnya berdasarkan SOP yang berlaku.