KUALITAS PELAYANAN WAITER DAN WAITREES DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI SERUNI COFFEE YOGYAKARTA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Di dalam bisnis jasa , kualitas pelayanan harus diperhatikan karena kualitas pelayanan merupakan cara mempertahankan pelanggan. Dengan adanya kualitas ,berarti perusahaan harus memenuhi harapan-harapan pelanggan dan memuaskan kebutuhan mereka . jika kualitas pelayanaan di terapkan dengan benar tentunya pelanggan merasa puas sehingga akan menimbulkan keuntungan bagi perusahaan. Dengan adanya kuliatas pelayanan yang baik dibagian pelayanan (waiter/waitress) akan membuat pelayanan yang dilakukan di suatu cafe berjalan dengan baik karena dilakukan sesuai dengan Standart Operational Procedure yang ada di café tersebut. Berdasarkan kuisioner kepuasan pelanggan mendapatkan hasil, Dari aspek produk responden menyatakan baik terhadap rasa snack dan masih merasa kurang dengan varian snack yang tersedia, Dari aspek fasilitas responden menyatakan kebersihan dan kenyamanan fasilitas yang tersedia sudah baik dan masih merasa kurang dengan akses wifi yang tersedia, Dari aspek pelayanan responden menyatakan pelayanan yang diberikan karyawan di Seruni Coffe Yogyakarta sudah baik, tetapi kebersihan peralatan makan & minum masih kurang. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Usaha Seruni Coffe pada dasarnya memiliki prospek usaha yang berpotensi meningkat dimasa mendatang, karena didukung oleh lokasi yang strategis, menu makanan dan minuman yang ditawarkan cukup variatif dan diminati oleh kaum milenial. Namun demikian, ditengah marak dan ketatnya persaingan industri cafe khususnya dikota Yogyakarta ini, manajemen perlu melakukan evaluasi menyeluruh dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan secara konsisten dan berkesinambungan.