Strategi Linen Attendant Dalam Mengoptimalkan Penyediaan Linen Pada Saat High Season Di Hotel Grand Keisha Yogyakarta

Main Article Content

Nina Noviastuti
Dinar Resty Hermas Wening Jati

Abstract

Tujuan dari tugas akhir ini yaitu untuk mengetahui strategi linen attendant dalam mengoptimalkan penyediaan linen pada saat high season di Hotel Grand Keisha Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, (1) strategi linen attendant dalam mengoptimalkan penyediaan linen pada saat high season seperti : spotting linen, memaksimalkan pendistribusian linen, dan mengoptimalkan kerjasama antar team, (2) penanganan linen dan penyimpanan linen seperti : tugas seorang linen attendant dalam penanganan parstock linen adalah merapikan dan menghitung linen yang bersih dan kotor, menerima dan mencatat linen yang keluar dan masuk dari laundry outside pada log book, melakukan pengecekan kembali bill yang diterima apakah sudah sesuai dengan jumlah linen yang diterima dan melakukan linen inventory pada setiap bulannya yang biasanya dilaksanakan pada akhir bulan. Selain itu, penyimpanan linen seperti meletakkan linen pada trolley room attendant dan sebagian diletakkan pada rak linen yang ada di pantry masing – masing lantai sesuai dengan jenisnya. Rak tempat penyimpanan linen tidak boleh lembab, sirkulasi udaranya harus lancar, rak linen harus dalam keadaan bersih dan dilapisi dengan alas seperti plastik untuk menjaga linen agar tidak kotor.

Article Details

How to Cite
Nina Noviastuti, & Dinar Resty Hermas Wening Jati. (2023). Strategi Linen Attendant Dalam Mengoptimalkan Penyediaan Linen Pada Saat High Season Di Hotel Grand Keisha Yogyakarta. JURNAL NUSANTARA, 6(2), 34–46. Retrieved from https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/72
Section
Articles