UPAYA TELEPHONE OPERATOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI JAMBULUWUK MALIOBORO HOTEL YOGYAKARTA

Main Article Content

Humaera Silvia Maristy
An-Nisa Yasmin Syifanisena

Abstract

Jambuluwuk Malioboro Boutique Hotel merupakan hotel bintang empat dibawah manajemen PT ARCS House yang menyajikan fasilitas dan service hotel tingkat bintang lima. Telephone Operator menjadi salah satu section pemberi informasi, menerima reservasi dan menyampaikan informasi merupakan kunci utama sebagai penunjang bisnis. Seorang telephone operator harus menjunjung tinggi citra perusahaan dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan image hotel. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif untuk memberikan gambaran mengenai situasi dan kejadian yang telah diamati. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kajian pustaka. Dari hasil dan analisis penelitian, tugas dan Tanggung jawab Telephone Operator secara umum di Hotel Jambuluwuk Malioboro Yogyakarta adalah menerima telepon masuk, menangani sambungan lokal, interlokal, maupun internasional, menyambungkan panggilan telepon, menyampaikan pesan, memberikan informasi kepada tamu, serta mengirim lost & found. Disamping itu telephone operator juga mempunyai tanggung jawab yang berkaitan dengan keterampilan, etika, standard grooming, dan SOP yang perlu diperhatikan, dikuasai, dan dijalankan.


 

Article Details

How to Cite
Silvia Maristy, H. ., & Yasmin Syifanisena, A.-N. (2020). UPAYA TELEPHONE OPERATOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI JAMBULUWUK MALIOBORO HOTEL YOGYAKARTA . JURNAL NUSANTARA, 3(1), 13–22. Retrieved from https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/14
Section
Articles