Strategi Food Product Dalam Proses Rebranding Hotel Di Grand Diamond Hotel Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Food Product adalah section yang penting, dalam industri perhotelan karena yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan tamu restaurant, room service,buffe dan Ala C’arte. Namum mengingat perkembangan yang terjadi saat ini dan tren, perubahan atau inovasi pada sajian menu perlu diakukan agar tidak monoton, yang bisa di sebut dengan rebranding produk. Grand Diamond Hotel Yogyakarta melakukan rebranding bertujuan untuk menambah variasi menu, agar tamu yang menginap dalam jangka waktu lama tidak bosan melihat makanan yang serupa setiap hari. Food Product section memiliki peran penting dalam proses rebranding Karena, food Product harus mampu menciptakan makanan yang memiliki cita rasa unik dan memiliki makna tersendiri di dalam suatu hidangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian yang diperoleh. 1)Faktor yang mempengaruhi keberhasilan strategi food product dalam proses rebranding. a) Memiliki tim kitchen yang mempunyai loyalitas dan tanggung jawab yang tinggi, melakukan pemorsian setiap menu agar pada saat ada yang memesan tinggal mengambil semua kebutuhan kondiment yang di butuhkan. b) Selalu melakukan breafing dan evaluasi agar job description yang di berikan dapat berjalan baik dan mengetahui apa yang perlu di perbaiki. 2) Strategi yang digunakan food product dalam mencapai tujuan rebranding dengan melakukan Campaign di media sosial mengiklankan produk yang di ciptakan agar jangkauan lebih luas, banyak mengeluarkan promosi misal: buy two get one free atau discount 50 persen, melakukan promosi dengan konsisten dan menarik atau dapat mendatangkan influencer untuk mereview makanan yang ada dan memberikan reating untuk setiap makanan,yang bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pengunjung atau tamu yang menginap dan sebagai media promosi yang dapat di bilang efektif.