Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Dan Kualitas Pelayanan Di Hotel Horaios Malioboro
Main Article Content
Abstract
Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas merupakan aset penting bagi perusahaan, tidak terkecuali pada industri perhotelan. Karyawan yang memiliki pengetahuan memadai dan keterampilan yang baik dapat berkontribusi pada perkembangan perusahaan. Peran pemimpin sangat diperlukan dalam memotivasi karyawan agar memiliki dedikasi tinggi terhadap pekerjaan sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara gaya kepemimpinan dengan motivasi kerja serta kualitas pelayanan di Hotel Horaios Malioboro. Metode penelitiannya menggunakan observasi dan wawancara terhadap subjek di lingkungan Hotel Horaios Malioboro. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara gaya kepemimpinan demokratis dengan motivasi kerja karyawan. Selain itu, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi kerja dari pemimpin yang demokratis terhadap kualitas pelayanan di Hotel Horaios Malioboro.