Transportasi Wisata Mewah: Motivasi dan Pengalaman Pengguna
DOI:
https://doi.org/10.63986/nsn.v8i1.103Keywords:
Transportasi mewah; Motivasi pelanggan; Pengalaman pelanggan; Juragan 99 TransAbstract
Permintaan akan transportasi premium, didorong oleh meningkatnya daya beli dan preferensi akan kemewahan, perusahaan transportasi semakin menawarkan layanan kelas atas. Mereka bersedia membayar harga premium untuk menikmati fasilitas mewah dan, tentu saja, prestise. Penelitian ini berfokus pada bus pariwisata mewah Omah Sultan Juragan 99 Trans Malang, Jawa Timur dan mengeksplorasi motivasi dan pengalaman pengguna. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan, dengan menggunakan metode kualitatif, termasuk observasi, wawancara dengan manajer dan staf, serta mengumpulkan 46 formulir umpan balik dari 56 pengguna potensial. Studi ini mengkaji aspek-aspek kunci seperti motivasi, kualitas layanan, fasilitas, citra merek, dan pengalaman. Hasil menunjukkan bahwa pengguna termotivasi dengan rasa penasaran, prestise/ gengsi, kenyamanan dan keamanan, ingin perjalanan mewah ala sultan, dan perjalanan wisata privat dengan layanan berkualitas tinggi dan fasilitas yang lengkap dan canggih untuk mendapatkan pengalaman yang unik, berbeda, dan berkesan. Dengan 25 pengguna setia yang menyewa lebih dari satu kali memungkinkan mereka untuk terus menggunakan bus pariwisata mewah ini untuk tujuan perjalanan lainnya dan mendapatkan pengalaman yang berbeda di setiap perjalanannya.