ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI DINAS PARIWISATA DIY MENUJU TERWUJUDNYA YOGYAKARTA SEBAGAI DESTINASI TERKEMUKA DI ASIA TENGGARA

Main Article Content

Fera Dhian Anggraini

Abstract

Pariwisata merupakan ujung tombak perekonomian Daerah Istimewa Yogyakarta. Pertumbuhan pada sektor ini mampu memberikan berbagai efek pada berbagai sektor ekonomi lainnya di Daerah Istimewa Yogyakarta seperti, sektor usaha kecil dan mikro, perdagangan barang dan jasa, penerimaan pajak daerah, dan lain-lain. Perekonomian pada sektor ini perlu direncanakan dan dilaksanakan dengan strategi yang tepat agar pariwisata di Yogyakarta dapat tumbuh dan memiliki daya saing. Dinas pariwisata Yogyakarta menetapkan arah dan tujuan pariwisata Yogyakarta, yaitu mewujudkan Yogyakarta sebagai destinasi wisata unggulan di Asia Tenggara. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana pengelolaan strategis yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis SWOT dengan lokasi penelitin di Dinas Pariwisata Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah Dinas Pariwisata Yogyakarta telah menyusun renstra tahun 2017-2020 sebagai acuan dalam perencanaan dan pelaksanaan program kegiatan. Oleh karena itu Dinas Pariwisata Yogyakarta perlu mengevaluasi misi, analisis lingkungan internal dan eksternal serta rencana strategis yang dijalankan secara efektif dan efisien dengan indikator atau tolok ukur yang tepat.


 

Article Details

How to Cite
Dhian Anggraini, F. (2022). ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI DINAS PARIWISATA DIY MENUJU TERWUJUDNYA YOGYAKARTA SEBAGAI DESTINASI TERKEMUKA DI ASIA TENGGARA. JURNAL NUSANTARA, 5(1), 16–22. Retrieved from https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/40
Section
Articles