Strategi Penerapan Guest Relation Officer dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Terhadap Tamu di Front Office Department Hotel Harper Malioboro
DOI:
https://doi.org/10.63986/nsn.v8i1.101Keywords:
Guest Relation Officer, Kualitas Pelayanan, Standard Operational ProcedureAbstract
Penelitian ini membahas hubungan antara perkembangan pariwisata di Yogyakarta dengan industri perhotelan, khususnya di Hotel Harper Malioboro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang diterapkan Guest Relation Officer dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap tamu serta mengetahui tingkat kepatuhan Guest Relation Officer apakah sudah sesuai dengan Standard Operational Procedure yang berlaku di Hotel Harper Malioboro. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa profesionalisme Guest Relation Officer sangat penting, yang meliputi sopan santun, kemampuan komunikasi, penampilan menarik serta pemahaman mendalam mengenai fasilitas hotel dan kebutuhan tamu. Strategi yang diterapkan Guest Relation Officer dalam meningkatkan kualitas pelayanan terbukti menjadi kunci penting dalam menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi tamu dan berkontribusi pada citra positif hotel. Penerapan Standard Operational Procedure oleh Guest Relation Officer sangat penting untuk memastikan pelayanan yang cepat, tepat, dan berkualitas. Tingkat kepatuhan yang baik terhadap Standard Operational Procedure membantu menciptakan lingkungan profesional dan pelayanan yang memuaskan bagi tamu, meskipun terdapat berbagai hambatan dan tantangan yang harus diatasi.