ANALISIS MOTIVASI PENARIK (PULL MOTIVATION) WISATAWAN MANCANEGARA BERKUNJUNG KE YOGYAKARTA

Main Article Content

EKo Haryanto

Abstract

Industri pariwisata selalu tumbuh seiring waktu, Laporan Tahunan UNWTO 2017 menunjukkan bahwa 1,3 miliar orang melakukan
perlajalan wisata ke seluruh dunia. Pada tahun 2017 Indonesia telah dikunjungi lebih dari 14 juta wisatawan asing, tetapi Yogyakarta
sebagai salah satu tujuan wisata populer hanya dikunjungi oleh 4,3% wisatawan asing. Keputusan orang untuk bepergian dipengaruhi
oleh motivasi; salah satu motivasi perjalanan wisata adalah motivasi penarik. Penelitian ini untuk mengukur pengaruh motivasi penarik terhadap keputusan wisatawan asing berkunjung ke Yogyakarta. Hasil penelitian ini akan digunakan sebagai referensi dalam
pengambilan keputusan perencanaan, pengembangan, manajemen dan program pemasaran pariwisata Yogyakarta, sehingga dapat
meningkatkan daya saing dan jumlah kunjunga wisatawan asing ke Yogyakarta. Penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar turis asing yang berkunjung ke Yogyakarta adalah perempuan. Mereka didominasi oleh 18-30 tahun, bepergian bersama pasangan. Internet adalah sumber paling efektif yang memberi mereka informasi tentang Yogyakarta. Penelitian ini menemukan bahwa motivasi penarik yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan adalah sejarah & budaya, variasi, petualangan, sumber daya alam, akses yang mudah & terjangkau, situs warisan, acara & kegiatan.


 

Article Details

How to Cite
Haryanto, E. (2019). ANALISIS MOTIVASI PENARIK (PULL MOTIVATION) WISATAWAN MANCANEGARA BERKUNJUNG KE YOGYAKARTA . JURNAL NUSANTARA, 2(2), 20–25. Retrieved from https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/11
Section
Articles