PERANAN RESEPSIONIS DALAM MELAYANI TAMU UNTUK MENUNJANG TINGKAT HUNIAN DI QUEEN OF THE SOUTH RESORT YOGYAKARTA

Main Article Content

I Ketut Suardana
Dina Ayu Wandani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran resepsionis dalam melayani tamu untuk menunjang tingkat hunian dalam memberikan informasi tentang manajemen di queen of the south resort, terutama mengenai struktur pekerjaan di front office. Tingkat hunian kamar menunjukan volume tamu di hotel dalam suatu periode adalah parameter utama melihat keberhasilan layanan perhotelan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Analisis kualitatif mejelaskan deskripsi dari peran resepsionis dalam melayani tamu gambaran perilaku, pemikiran atau perasaan suatu kelompok individu. Sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk membuktikan hipotesis musim rendah dan musim tinggi tingkat hunian hotel berdasarkan occupancy hotel. Hasil penelitian ini menunjukan resepsionis mengerjakan job description dengan baik dan mampu melakukan upselling. Dengan kepribadian yang baik serta keramah tamahan resepsionis sehingga dapat meningkatkan tingkat hunian serta dapat bekerjasama dengan departement lain untuk mempermudah operasional hotel.


 

Article Details

How to Cite
Suardana, I. K. ., & Ayu Wandani, D. (2020). PERANAN RESEPSIONIS DALAM MELAYANI TAMU UNTUK MENUNJANG TINGKAT HUNIAN DI QUEEN OF THE SOUTH RESORT YOGYAKARTA . JURNAL NUSANTARA, 3(2), 39–50. Retrieved from https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/22
Section
Articles