KONTRIBUSI DAN MOTIVASI IBU RUMAH TANGGA PEMBUAT KUE TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI KELUARGA DI KABUPATEN KONAWE

  • Leni Saleh Fakultas Pertanian Universitas Lakidende
  • Nurhayu Malik FMIPA Universitas Halu Oleo
Keywords: Ibu Rumah tangga, Kue tradisional, kontribusi pendapatan, motivasi

Abstract

 Penelitian ini bertujuan : 1) Bagaimana kontribusi pendapatan ibu rumah tangga pada kegiatan membuat makanan kue tradisional, terhadap pendapatan keluarga, 2). Apa motivasi ibu rumah tangga melakukan pekerjaan membuat makanan kue tradisional. Penentuan daerah penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive sampling) dengan pertimbangan bahwa di Kelurahan Wawonggole banyak terdapat ibu rumah tangga yang bekerja membuat makanan kue tradisional untuk di jadikan jualan sebagai salah satu upaya  untuk meningkatkan pendapatan keluarganya. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sensus yaitu dengan mengambil seluruh jumlah populasi yang ada di Kelurahan Wawonggole Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe, dengan  menggunakan data sekunder dan primer.

      Berdasarkan hasil penelitian besarnya pendapatan wanita pembuat makanan kue tradisional adalah sebesar Rp. 8.850.000 atau rata-rata Rp. 804.545, pendapatan suami adalah sebesar Rp. 17.000.000 atau rata-rata Rp. 1.545.455 sedangkan pendapatan anggota keluarga lainnya adalah sebesar Rp. 3.600.000 atau rata-rata Rp. 327.273. Dari uraian tersebut dapat diketahui total pendapatan keluarga wanita pembuat makanan kue tradisional di Kelurahan Wawonggole Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe adalah sebesar Rp. 29.450.000 atau rata-rata Rp. 2.677.273. Dengan kontribusi pendapatan usaha wanita pembuat makanan kue tradisional terhadap total pendapatan keluarga yaitu 37  %. Motivasi responden ibu rumah tangga untuk membuat makanan kue tradisional adalah untuk menambah pendapatan keluarga, untuk mengisi waktu luang.

Author Biographies

Leni Saleh, Fakultas Pertanian Universitas Lakidende

Dosen Pengajar Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lakidende

Nurhayu Malik, FMIPA Universitas Halu Oleo

Dosen Biologi FMIPA Universitas Halu Oleo

Published
2018-12-05